Latest Movie :
Home » » Buah sawo

Buah sawo

{[['']]}


https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQLL4-5NT3JVyqpExsJC8b_Nuaxp_bNkEVpPt0gJ29M4iIGqyyYBuah sawo








Buah sawo adalah termasuk salah satu buah langka di DKI Jakarta sehingga perlu dilestarikan. Saya tidak tahu apa penyebab pastinya sehingga buah ini menjadi sulit diperoleh di pasar tradisional di Jakarta. Mendapatkannya di pasar tradisional saja susah, apalagi di supermarket!
Padahal pohon sawo sangat mudah ditanam dan tidak memerlukan perawatan khusus. Tanaman ini termasuk tanaman berumur panjang. Pohonnya yang sangat kuat dan kokoh ini bisa melebihi atap rumah. Tingginya bisa mencapai 30-40 meter.
Karena daunnya yang rindang dan lebat maka pohon sawo cocok sebagai pohon peneduh. Di bawah pohon sawo anak-anak bisa bermain dengan riang gembira. Apabila tiba masanya berbuah, hampir semua cabangnya bergantungan buah yang rasanya sangat manis, semanis madu.
Dahulu, sebelum era tahun 1990-an, di Jakarta sangat mudah dijumpai pohon sawo. Hampir semua lahan kosong di Jakarta oleh pemiliknya ditanami pohon ini walaupun hanya satu atau dua pohon saja. Karena pohonnya yang tumbuh besar dan menjulang tinggi maka diperlukan lahan yang lumayan agak sedikit luas. Mungkin karena faktor minimnya lahan terbuka yang dimiliki warga Jakarta pada masa kini maka lambat laun pohon ini menghilang keberadaannya dari Jakarta. Kalaupun di pasar tradisional sesekali ada yang menjual buah sawo, buah ini bukan berasal dari Jakarta, tetapi dari daerah Bogor dan beberapa daerah lainnya di Pulau Jawa.
Itu adalah pengamatan empiris yang menyebabkan tanaman buah sawo hampir punah di wilayah Jakarta. Selain faktor keterbatasan lahan, penyebab menghilangnya buah sawo adalah karena sebagian masyarakat memandang remeh buah ini sebagai buah yang ketinggalan jaman alias buah kuno.
Aduh saya sedih sekali apabila ada yang memandang buah sawo dengan sebelah mata. Memang betul, apabila dilihat dari penampilannya, buah sawo kurang menarik. Namun apabila sudah pernah mencicipi buahnya yang sudah matang, pasti akan terkejut karena terasa manis sekali. Buah Kulitnya yang berwarna coklat tersebut dapat dimakan pula. Selain manis, buah sawo ternyata mengandung banyak sekali kandungan nutrisinya:

Mengandung kalori tinggi

100 g buah sawo matang menyediakan 83 kalori . Selain itu, sawo juga merupakan sumber serattinggi ( 5,6 g/100g ) , sehingga juga bermanfaat untuk pencahar yang sangat baik . Kandungan serat akan membantu untuk meringankan sembelit, serta membantu melindungi selaput lendir usus besar dari kanker karena dapat mengikat racun dan mengeluarkannya bersama feses.

Buah sawo kaya akan antioksidan polifenolik dan senyawa tanin .

Tanin adalah keluarga polifenol kompleks yang terjadi secara alamiah, yang dapat menetralisir asam oleh pencetus protein. Studi telah menemukan bahwa tanin terbukti memiliki potensi efek antiinflamasi, antivirus, antibakteri, dan antiparasit. Oleh karena itu, senyawa ini banyak diaplikasikan untuk obat anti diare, hemostatik ( menghentikan perdarahan ) dan sebagai obat untuk wasir.
Selain itu, efek antiinflamasi tanin juga dapat membantu kondisi seperti gastritis erosif, refluks esofagitis, enteritis, dan gangguan usus. Beberapa buah-buahan lain yang kaya tanin seperti buah delima, buah kesemek, anggur … dll.

Kaya antioksidan

Sawo mengandung vitamin antioksidan yang baik, seperti vitamin C (24,5 % dari asupan harian yang direkomendasikan per 100 g buah) dan vitamin A. Vitamin A penting untukkesehatan penglihatan, serta diperlukan untuk menjaga selaput lendir dan kulit agar sehat. Mengonsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A telah diketahui dapat melindungi  dari kanker paru-paru dan kanker rongga mulut. Begitu juga, mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C akan membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan radikal bebas berbahaya.

Sawo sumber vitamin dan mineral penting

Sawo matang merupakan sumber mineral penting seperti kalium, tembaga, besi dan vitamin seperti folat(Vitamin B9), niasin(Vitamin B3) dan asam pantotenat(Vitamin B5). Senyawa ini sangat penting untuk menunjang kesehatan agar optimal, karena sangat diperlukan dalam berbagai macam proses metabolisme dalam tubuh sebagai kofaktor untuk enzim .

Cara memilih dan menyimpan

Buah sawo yang sudah matang biasanya dipanen dengan jalan dipetik langsung dari pohon seperti  mangga. Namun sulit untuk mengatakan kapan sawo sudah siap untuk panen. Buah sawo yang matang akan berwarna coklat dan batang buah yang dipotong sudah tak mengeluarkan getah.
Jika membeli sawo di toko, pilih yang kulitnya utuh mulus dan tanpa goresan / retak , memar atau kerutan . Setelah matang,  buah sawo akan terasa lembut jika ditekan dengan jempol.
Buah sawo yang sudah tua namun mentah harus disimpan pada suhu kamar selama 7 -10 hari agar matang. Sawo matang bisa bertahan selama beberapa hari di kulkas rumah, bisa hingga enam minggu.

Cara memakan

Cara memakan buah sawo sebaiknya dengan cara membelah menjadi dua bagian yang sama, kemudian gunakan sendok untuk mengambil daging dan buang bijinya .Buah sawo lebih enak dimakan begitu saja ketika sudah matang, atau tanpa tambahan apapun.

Keamanan

Buah sawo yang masih banyak mengandung getah dan tanin masih sangat pahit rasanya. Makan buah-buahan yang masih mentah dapat menyebabkan sariawan, sensasi gatal di tenggorokan, dan bahkan hingga kesulitan bernapas terutama pada anak-anak

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Perternakan dan pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger